Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja gaya komunikasi yang digunakan guru di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 orang guru bahasa Inggris, tetapi peneliti memilih satu orang guru Bahasa Inggris kelas X SMAN 2 Lengayang yang mengajar di enam kelas yang berbeda untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui instrumen pendukung penelitian yaitu rekaman vidio (video record), observasi ceklis (observation checklist), catatan lapangan (field note), and wawancara(interview). Ada tiga tipe gaya komunikasi guru yaitu gaya kommunikasi tegas (assertive), gaya komunikasi agresif (agressive) dan gaya komunikasi pasif (passive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan hanya satu gaya komunikasi yang di gunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu assertive. Gaya komunikasi assertive dapat menciptakan kelas yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap agar semua guru dapat menerapkan gaya komunikasi assertive ini dalam berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas. Kata kunci : Gaya Komunikasi Guru , Proses Belajar Mengajar