ctrlnum 6502
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/</relation><title>An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process</title><creator>Mezi, Rahmadani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja gaya komunikasi yang digunakan guru di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 orang guru bahasa Inggris, tetapi&#xD; peneliti memilih satu orang guru Bahasa Inggris kelas X SMAN 2 Lengayang yang mengajar di enam kelas yang berbeda untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui&#xD; instrumen pendukung penelitian yaitu rekaman vidio (video record), observasi ceklis (observation checklist), catatan lapangan (field note), and wawancara(interview). Ada tiga tipe gaya komunikasi guru yaitu gaya kommunikasi tegas (assertive), gaya komunikasi agresif (agressive) dan gaya komunikasi pasif (passive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan hanya satu gaya&#xD; komunikasi yang di gunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu assertive. Gaya komunikasi assertive dapat menciptakan kelas yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap&#xD; agar semua guru dapat menerapkan gaya komunikasi assertive ini dalam&#xD; berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas.&#xD; Kata kunci : Gaya Komunikasi Guru , Proses Belajar Mengajar</description><date>2018-10-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/4/14040084%20MEZI%20RAHMADANI%20%28THESIS%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/2/CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/3/REFERENCES.pdf</identifier><identifier> Mezi, Rahmadani (2018) An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar. </identifier><recordID>6502</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mezi, Rahmadani
title An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process
publishDate 2018
topic LB Theory and practice of education
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/4/14040084%20MEZI%20RAHMADANI%20%28THESIS%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/2/CHAPTER%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/3/REFERENCES.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/
contents Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja gaya komunikasi yang digunakan guru di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 orang guru bahasa Inggris, tetapi peneliti memilih satu orang guru Bahasa Inggris kelas X SMAN 2 Lengayang yang mengajar di enam kelas yang berbeda untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui instrumen pendukung penelitian yaitu rekaman vidio (video record), observasi ceklis (observation checklist), catatan lapangan (field note), and wawancara(interview). Ada tiga tipe gaya komunikasi guru yaitu gaya kommunikasi tegas (assertive), gaya komunikasi agresif (agressive) dan gaya komunikasi pasif (passive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan hanya satu gaya komunikasi yang di gunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu assertive. Gaya komunikasi assertive dapat menciptakan kelas yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap agar semua guru dapat menerapkan gaya komunikasi assertive ini dalam berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas. Kata kunci : Gaya Komunikasi Guru , Proses Belajar Mengajar
id IOS6178.6502
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2019-08-02T04:38:26Z
last_indexed 2019-08-02T04:38:26Z
recordtype dc
_version_ 1685976373457321984
score 17.538404