An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process
Main Author: | Mezi, Rahmadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/4/14040084%20MEZI%20RAHMADANI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/2/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/3/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/ |
ctrlnum |
6502 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/</relation><title>An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process</title><creator>Mezi, Rahmadani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja gaya komunikasi yang digunakan guru di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 orang guru bahasa Inggris, tetapi
peneliti memilih satu orang guru Bahasa Inggris kelas X SMAN 2 Lengayang yang mengajar di enam kelas yang berbeda untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui
instrumen pendukung penelitian yaitu rekaman vidio (video record), observasi ceklis (observation checklist), catatan lapangan (field note), and wawancara(interview). Ada tiga tipe gaya komunikasi guru yaitu gaya kommunikasi tegas (assertive), gaya komunikasi agresif (agressive) dan gaya komunikasi pasif (passive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan hanya satu gaya
komunikasi yang di gunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu assertive. Gaya komunikasi assertive dapat menciptakan kelas yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap
agar semua guru dapat menerapkan gaya komunikasi assertive ini dalam
berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas.
Kata kunci : Gaya Komunikasi Guru , Proses Belajar Mengajar</description><date>2018-10-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/4/14040084%20MEZI%20RAHMADANI%20%28THESIS%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/2/CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/3/REFERENCES.pdf</identifier><identifier> Mezi, Rahmadani (2018) An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumbar. </identifier><recordID>6502</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mezi, Rahmadani |
title |
An Analysis of Teacher Communication Style in Teaching Learning Process |
publishDate |
2018 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/4/14040084%20MEZI%20RAHMADANI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/2/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/3/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6502/ |
contents |
Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan gaya berkomunikasi yang berbeda beda. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja gaya komunikasi yang digunakan guru di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan partisipan peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 orang guru bahasa Inggris, tetapi
peneliti memilih satu orang guru Bahasa Inggris kelas X SMAN 2 Lengayang yang mengajar di enam kelas yang berbeda untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui
instrumen pendukung penelitian yaitu rekaman vidio (video record), observasi ceklis (observation checklist), catatan lapangan (field note), and wawancara(interview). Ada tiga tipe gaya komunikasi guru yaitu gaya kommunikasi tegas (assertive), gaya komunikasi agresif (agressive) dan gaya komunikasi pasif (passive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan hanya satu gaya
komunikasi yang di gunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu assertive. Gaya komunikasi assertive dapat menciptakan kelas yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap
agar semua guru dapat menerapkan gaya komunikasi assertive ini dalam
berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas.
Kata kunci : Gaya Komunikasi Guru , Proses Belajar Mengajar |
id |
IOS6178.6502 |
institution |
STKIP PGRI Sumatra Barat |
institution_id |
169 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat |
library_id |
435 |
collection |
Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat |
repository_id |
6178 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6178 |
first_indexed |
2019-08-02T04:38:26Z |
last_indexed |
2019-08-02T04:38:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685976373457321984 |
score |
17.538404 |