Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan siswa SMK pada pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana respondennya adalah siswa kelas tiga di SMK N 1 Sumatera Barat, Jln. M.Yunus, Lubuk Lintah, Padang sebanyak 35 siswa dari enam bidang kejuruan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket yang disesuaikan dengan indikator dari Tom Hutchinson dan Alan Waters (2008:55-58). Hasil penelitian diambil dari jawaban angket, yakni terdiri dari dua indikator; target needs dan learning needs. Persentase dari necessities adalah 86,06% untuk lacks, 72,52% untuk wants, 82,29% kemudian learning situation, 59,99% lalu skill of learning English 59,27%, untuk strategy in learning process 67,63% dan relevant material 77,68%. Menurut Riduan dan Sunarto (2014:23) jika angka presentase berkisar 41%-60% (medium). Berdasarkan hasil persentase dapat disimpulkan bahwa kebutuhan siswa kelas tiga di SMK N 1 Sumbar dalam pembelajaran bahasa Inggris terdapat pada seluruh sub-indikator yang nilai rata-ratanya masuk dalam level menengah keatas.