Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang
Main Author: | Fanesa, Elsi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2357/5/12050024%20FANESA%20ELSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2357/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2357/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2357/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2357/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 18 Padang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered heads lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 18 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan melihat rata rata siswa. Rata-rata terendah pertama sebagai kelas eksperimen dan rata-rata terendah kedua sebagai kelas Kontrol. Terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII3 . Instrumen penelitian adalah tes akhir dengan menggunakan indikator pemahaman konsep dan penilaian berdasarkan rubric analitik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,81 dan ttabel=1,669. Karena thitung > ttabel maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 18 Padang.