Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang

Main Author: Rosma Yulian, Tary
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 15 Padang belum dapat membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Hasil validitas LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,01%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,88% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 84,99%. Hasil efektivitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi merasionalkan penyebut pecahan berbentuk akar sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMAN 15 Padang.