Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang
Main Author: | Rosma Yulian, Tary |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/ |
ctrlnum |
2316 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/</relation><title>Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang.</title><creator>Rosma Yulian, Tary</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 15 Padang belum dapat membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas.
Hasil validitas LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,01%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,88% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 84,99%. Hasil efektivitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi merasionalkan penyebut pecahan berbentuk akar sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMAN 15 Padang.</description><date>2017-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Rosma Yulian, Tary (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT. </identifier><recordID>2316</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rosma Yulian, Tary |
title |
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang |
publishDate |
2017 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 15 Padang belum dapat membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas.
Hasil validitas LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,01%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,88% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 84,99%. Hasil efektivitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi merasionalkan penyebut pecahan berbentuk akar sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMAN 15 Padang. |
id |
IOS6178.2316 |
institution |
STKIP PGRI Sumatra Barat |
institution_id |
169 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat |
library_id |
435 |
collection |
Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat |
repository_id |
6178 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6178 |
first_indexed |
2019-05-09T05:43:40Z |
last_indexed |
2019-05-09T05:43:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685976354966732800 |
score |
17.538404 |