Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang

Main Author: Rosma Yulian, Tary
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/
ctrlnum 2316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/</relation><title>Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang.</title><creator>Rosma Yulian, Tary</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 15 Padang belum dapat membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas.&#xD; Hasil validitas LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,01%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,88% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 84,99%. Hasil efektivitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi merasionalkan penyebut pecahan berbentuk akar sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMAN 15 Padang.</description><date>2017-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Rosma Yulian, Tary (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT. </identifier><recordID>2316</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rosma Yulian, Tary
title Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Materi Merasionalkan Penyebut Pecahan Berbentuk Akar Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang
publishDate 2017
topic QA Mathematics
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/4/12050123%20ROSMA%20YULIAN%20TARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2316/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 15 Padang belum dapat membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Hasil validitas LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 83,01%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,88% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 84,99%. Hasil efektivitas pada kriteria efektif dengan ketuntasan siswa minimal 75%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi merasionalkan penyebut pecahan berbentuk akar sudah sangat valid, sangat praktis dan efektif di SMAN 15 Padang.
id IOS6178.2316
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2019-05-09T05:43:40Z
last_indexed 2019-05-09T05:43:40Z
recordtype dc
_version_ 1685976354966732800
score 17.538404