Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Putri, Sari Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/4/12010039%20PUTRI%20SARI%20DEWI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi guru cenderung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, dalam diskusi masih banyak siswa yang kurang aktif dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi pada nilai ulangan harian siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah yang ditemukan, guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen XI MIPA 5 dan kelas kontrol XI MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah sikap berupa lembar observasi sikap siswa. Kompetensi keterampilan dilihat dari hasil laporan siswa. Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t, dengan kriteria thitung> ttabel. Berdasarkan penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen 3,16 (B) dan pada kelas kontrol 2,87 (B). Hasil uji-t didapatkan harga thitung 2,07 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Nilai untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 3,64 (SB) dan kelas kontrol 3,44 (B). Keterampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata capaian optimum 3,64 (A-) dan kelas kontrol 3,37 (B+). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.