Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Putri, Sari Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/4/12010039%20PUTRI%20SARI%20DEWI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/
ctrlnum 1488
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/</relation><title>Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman</title><creator>Putri, Sari Dewi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi guru cenderung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, dalam diskusi masih banyak siswa yang kurang aktif dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi pada nilai ulangan harian siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah yang ditemukan, guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen XI MIPA 5 dan kelas kontrol XI MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah sikap berupa lembar observasi sikap siswa. Kompetensi keterampilan dilihat dari hasil laporan siswa. Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t, dengan kriteria thitung&gt; ttabel.&#xD; Berdasarkan penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen 3,16 (B) dan pada kelas kontrol 2,87 (B). Hasil uji-t didapatkan harga thitung 2,07 dan ttabel 1,67 berarti thitung &gt; ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Nilai untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 3,64 (SB) dan kelas kontrol 3,44 (B). Keterampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata capaian optimum 3,64 (A-) dan kelas kontrol 3,37 (B+). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.</description><date>2017-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/2/Kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/4/12010039%20PUTRI%20SARI%20DEWI.pdf</identifier><identifier> Putri, Sari Dewi (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat. </identifier><recordID>1488</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, Sari Dewi
title Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman
publishDate 2017
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/4/12010039%20PUTRI%20SARI%20DEWI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1488/
contents Penelitian ini dilatar belakangi guru cenderung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, dalam diskusi masih banyak siswa yang kurang aktif dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi pada nilai ulangan harian siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah yang ditemukan, guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen XI MIPA 5 dan kelas kontrol XI MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah sikap berupa lembar observasi sikap siswa. Kompetensi keterampilan dilihat dari hasil laporan siswa. Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t, dengan kriteria thitung> ttabel. Berdasarkan penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen 3,16 (B) dan pada kelas kontrol 2,87 (B). Hasil uji-t didapatkan harga thitung 2,07 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Nilai untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 3,64 (SB) dan kelas kontrol 3,44 (B). Keterampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata capaian optimum 3,64 (A-) dan kelas kontrol 3,37 (B+). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media power point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.
id IOS6178.1488
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2019-05-09T05:43:23Z
last_indexed 2019-05-09T05:43:23Z
recordtype dc
_version_ 1685976349957685248
score 17.538404