Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Lembah Gumanti
Main Author: | Angga, Permata Yanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11277/2/09050322%20ANGGA%20PERMATA%20YANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11277/1/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11277/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11277/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11277/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti yang masih rendah dan kerja sama dalam kelompok belajar belum terlihat dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti. Jenis penelitian adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah siswa kelas VIIIC. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan divalidasi oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. ݐ0,05 , ݐ0,05 = 1,68. uji hipotesis ݐh dan Berdasarkan hasil diperoleh nilai Hipotesis diterima karena > sehingga hipotesis yang thitung = 31.24 diajukan diterima pada taraf nyata Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange terhadap = 0,05. pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti.