Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan, di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Author: Roslita, Roslita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11223/1/09090149%20ROSLITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11223/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11223/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11223/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/11223/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan. 2) Pengaruh promosi terhadap kepuasan nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan. 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama terhadap terhadap kepuasan nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood ratio, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan analisis regresi berganda serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji f, dengan menggunakan eviews versi 4.1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan, maka diketahui: 1)nilai koefisien kualitas pelayanan untuk variabel X1 sebesar 0,517. Hal ini mengandung arti bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah PT BPR Pagai Utara Selatan. Artinya apabila nilai variabel kualitas pelayanan meningkat 1 satuan, maka akan meningkatkan nilai kepuasan nasabah sebesar 0,517. 2)Nilai koefisien promosi untuk variabel X2 sebesar 0,649 hal ini mengandung arti bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah PT BPR Pagai Utara Selatan, Sikakap. Artinya apabila nilai variabel promosi meningkat 1 satuan, maka akan meningkatkan kepuasan nasabah sebesar 0,649. Pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F, berdasarkan hasil analisa uji t diketahui bahwa: 3)Nilai probability untuk variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 0,00 < 0,05. Nilai t hitung 9.129 > t tabel 1,990 sehingga dapat disimpulkan, Ha diterima dan Ho ditolak artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT BPR Pagai Utara Selatan. 4)Nilai probability untuk variabel promosi adalah sebesar 0,00 < 0,05. Nilai t hitung 9.386 > t tabel 1,990 sehingga dapat disimpulkan, Ha diterima dan Ho ditolak artinya promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Koefisien R2 adalah sebesar 0.8917 artinya 89,17 % dari kepuasan nasabah dipengaruhi kualitas pelayanan dan promosi, 10,83% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam model penelitian ini. Penulis menyarankan pada seluruh jajaran karyawan/karyawati PT.BPR Pagai Utara Selatan, supaya lebih meningkatkan pelayanan kepada nasabah agar kepuasan layanan kepada nasabah lebih meningkat kearah yang lebih baik, serta promosi yang diberikan lebih menarik lagi, baik dari segi iklan, promosi pejualan maupun personal selling, agar nasabah lebih mengetahui jenis produk yang ditawarkan dan tertarik untuk menjadi nasabah PT.BPR Pagai Utara Selatan. Maka hal ini akan meningkatkan kepuasan nasabah terhadap PT.BPR Pagai Utara Selatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.