Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) terhadap Sikap dan Pemahaman konsep Matematis Siswa di Kelas XI IPS SMA PGRI I Padang
Main Author: | Lucya, Irani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10280/1/11050262%20LUCYA%20IRANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10280/2/ABSTRAK%20-%202020-10-13T085953.096.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10280/3/BAB%20V%20-%202020-10-13T090022.408.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10280/4/DAFTAR%20RUJUKAN%20%2815%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10280/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sikap percaya diri, tanggung jawab dan pemahaman konsep matematis siswa yang kurang di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini disebabkan karena siswa menerima konsep secara langsung dari guru dan siswa tidak berani untuk menyampaikan pendapat di dalam kelas dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan sikap dan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe ETH. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sikap dan tes pemahan konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes = 0,88, maka memiliki reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan hasil lembar observasi diperoleh sikap siswa mengalami perkembangan pada setiap pertemuan. Siswa sudah lebih memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab selama pembelajaran. Hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0.002. P-value < α yaitu α = 0,05, maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Jadi Pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe ETH lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.