PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 02 LEBONG SAKTI KABUPATENLEBONG

Main Authors: Melina, Depi, Riyanto, Riyanto, Hardiwinarto, Hardiwinarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9464/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-dep.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9464/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dep.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9464/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantuan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindkan kelas (PTK). Pada PTK dalam pelaksanaan 2 siklus dimana tiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan, terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMP N.02 Lebong Sakti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Untuk menguji keefektifan digunakan perhitungan t-test. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan PMR berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada uji keefektifan hasil belajar pada tiap siklus ada perbedaan yang signifikan sehingga penerapan PMR efektif di gunakan di kelas PTK.