PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA
Main Authors: | Rosmali, Toni, Arwin, Arwin, Yarmani, Yarmani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9077/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ton.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9077/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ton.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9077/ |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Sprint 60 meter melalui penerapan metode tutor sebaya pada siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma, dan (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 15 orang Putra dan 10 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil keterampilan teknik melakukan start, taknik lari, dan gerakan finish pada Sprint 60 meter.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 71,28, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 80,2. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 60 %, meningkat di siklus kedua sebesar 88%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Sprint 60 meter siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.