PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA

Main Authors: Rosmali, Toni, Arwin, Arwin, Yarmani, Yarmani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9077/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ton.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9077/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ton.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9077/
ctrlnum 9077
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/9077/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA </title><creator>Rosmali, Toni</creator><creator>Arwin, Arwin</creator><creator>Yarmani, Yarmani</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Sprint 60 meter melalui penerapan metode tutor sebaya pada siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma, dan (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 15 orang Putra dan 10 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil keterampilan teknik melakukan start, taknik lari, dan gerakan finish pada Sprint 60 meter.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 71,28, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 80,2. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 60 %, meningkat di siklus kedua sebesar 88%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Sprint 60 meter siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/9077/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ton.FK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/9077/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ton.FK.pdf</identifier><identifier> Rosmali, Toni and Arwin, Arwin and Yarmani, Yarmani (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>9077</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rosmali, Toni
Arwin, Arwin
Yarmani, Yarmani
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/9077/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ton.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9077/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ton.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9077/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Sprint 60 meter melalui penerapan metode tutor sebaya pada siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma, dan (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 15 orang Putra dan 10 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil keterampilan teknik melakukan start, taknik lari, dan gerakan finish pada Sprint 60 meter.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 71,28, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 80,2. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 60 %, meningkat di siklus kedua sebesar 88%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Sprint 60 meter siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.
id IOS6175.9077
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:06:24Z
last_indexed 2018-09-17T09:06:24Z
recordtype dc
_version_ 1683771115539791872
score 17.538404