MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD N 84 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Wipindri, Wipindri, Karjiyati, Victoria, Dalifa, Dalifa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9003/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-wip-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9003/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-wip-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD N 84 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa . Instumen penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus I jumlah rata-rata skor 28 dengan kriteria baik, dan pada siklus II jumlah rata-rata skor 33,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I jumlah rata-rata 30,5 dengan kriteria baik, dan pada siklus II jumlah rata-rata 35 dengan kriteria baik. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan 23%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pandekatan saintifik pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IV SD N 84 Bengkulu Selatan