ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yunita, Maria , Ansyori , Gunawan, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pelajaran pecahan kelas V SD.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 10 soal melalui uji validitas dan reliabilitas (0,99) serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Teknik analisis data dengan langkah – langkah; memeriksa hasil tes, menghitung persentase setiap aspek, menghitung persentase setiap butir soal dan mendeskripsikan data tiap butir soal sesuai aspek kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa mengalami kesulitan pada setiap aspek, yaitu; memahami soal (48,29%), membuat model matematika (26,00%), melakukan komputasi (60,00%), mengecek kembali (58,00%) dan menarik kesimpulan (59,71%). Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan terbanyak pada aspek melakukan komputasi. Hal ini disebabkan; siswa belum memahami konsep pecahan, penyamaan penyebut, penyederhanaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, aturan operasi hitung perkalian, aturan operasi hitung pembagian dan juga karena kekurangpahaman siswa terhadap makna yang ada dalam soal cerita serta siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.