ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yunita, Maria , Ansyori , Gunawan, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf http://repository.unib.ac.id/6104/ |
ctrlnum |
6104 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/6104/</relation><title>ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU</title><creator>Yunita, Maria </creator><creator>Ansyori , Gunawan</creator><creator>Hasnawati, Hasnawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pelajaran pecahan kelas V SD.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 10 soal melalui uji validitas dan reliabilitas (0,99) serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Teknik analisis
data dengan langkah – langkah; memeriksa hasil tes, menghitung persentase setiap aspek, menghitung persentase setiap butir soal dan mendeskripsikan data tiap butir
soal sesuai aspek kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa mengalami kesulitan pada setiap aspek, yaitu; memahami soal (48,29%), membuat model matematika (26,00%), melakukan komputasi (60,00%), mengecek kembali (58,00%) dan menarik kesimpulan (59,71%). Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan terbanyak pada aspek melakukan komputasi. Hal ini disebabkan; siswa belum memahami konsep pecahan,
penyamaan penyebut, penyederhanaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, aturan operasi hitung perkalian, aturan operasi hitung pembagian dan juga karena kekurangpahaman siswa terhadap makna yang ada
dalam soal cerita serta siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf</identifier><identifier> Yunita, Maria and Ansyori , Gunawan and Hasnawati, Hasnawati (2013) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. </identifier><recordID>6104</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yunita, Maria Ansyori , Gunawan Hasnawati, Hasnawati |
title |
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2013 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf http://repository.unib.ac.id/6104/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pelajaran pecahan kelas V SD.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 10 soal melalui uji validitas dan reliabilitas (0,99) serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Teknik analisis
data dengan langkah – langkah; memeriksa hasil tes, menghitung persentase setiap aspek, menghitung persentase setiap butir soal dan mendeskripsikan data tiap butir
soal sesuai aspek kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa mengalami kesulitan pada setiap aspek, yaitu; memahami soal (48,29%), membuat model matematika (26,00%), melakukan komputasi (60,00%), mengecek kembali (58,00%) dan menarik kesimpulan (59,71%). Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan terbanyak pada aspek melakukan komputasi. Hal ini disebabkan; siswa belum memahami konsep pecahan,
penyamaan penyebut, penyederhanaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, aturan operasi hitung perkalian, aturan operasi hitung pembagian dan juga karena kekurangpahaman siswa terhadap makna yang ada
dalam soal cerita serta siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan. |
id |
IOS6175.6104 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:05:10Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:05:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771100538863616 |
score |
17.538404 |