ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yunita, Maria , Ansyori , Gunawan, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/
ctrlnum 6104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/6104/</relation><title>ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU</title><creator>Yunita, Maria </creator><creator>Ansyori , Gunawan</creator><creator>Hasnawati, Hasnawati</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pelajaran pecahan kelas V SD.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Teknik&#xD; pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 10 soal melalui uji validitas dan reliabilitas (0,99) serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Teknik analisis&#xD; data dengan langkah &#x2013; langkah; memeriksa hasil tes, menghitung persentase setiap aspek, menghitung persentase setiap butir soal dan mendeskripsikan data tiap butir&#xD; soal sesuai aspek kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa mengalami kesulitan pada setiap aspek, yaitu; memahami soal (48,29%), membuat model matematika (26,00%), melakukan komputasi (60,00%), mengecek kembali (58,00%) dan menarik kesimpulan (59,71%). Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan terbanyak pada aspek melakukan komputasi. Hal ini disebabkan; siswa belum memahami konsep pecahan,&#xD; penyamaan penyebut, penyederhanaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, aturan operasi hitung perkalian, aturan operasi hitung pembagian dan juga karena kekurangpahaman siswa terhadap makna yang ada&#xD; dalam soal cerita serta siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf</identifier><identifier> Yunita, Maria and Ansyori , Gunawan and Hasnawati, Hasnawati (2013) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. </identifier><recordID>6104</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yunita, Maria
Ansyori , Gunawan
Hasnawati, Hasnawati
title ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/6104/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-mar.FI..pdf
http://repository.unib.ac.id/6104/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pelajaran pecahan kelas V SD.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berjumlah 10 soal melalui uji validitas dan reliabilitas (0,99) serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Teknik analisis data dengan langkah – langkah; memeriksa hasil tes, menghitung persentase setiap aspek, menghitung persentase setiap butir soal dan mendeskripsikan data tiap butir soal sesuai aspek kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa mengalami kesulitan pada setiap aspek, yaitu; memahami soal (48,29%), membuat model matematika (26,00%), melakukan komputasi (60,00%), mengecek kembali (58,00%) dan menarik kesimpulan (59,71%). Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan terbanyak pada aspek melakukan komputasi. Hal ini disebabkan; siswa belum memahami konsep pecahan, penyamaan penyebut, penyederhanaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, aturan operasi hitung perkalian, aturan operasi hitung pembagian dan juga karena kekurangpahaman siswa terhadap makna yang ada dalam soal cerita serta siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.
id IOS6175.6104
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:05:10Z
last_indexed 2018-09-17T09:05:10Z
recordtype dc
_version_ 1683771100538863616
score 17.538404