PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HAPPPY WORLD BENGKULU

Main Authors: Sari , Selvi Ramania, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4869/1/I%2CII%2CIII-SEL-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4869/2/IV%2CV-SEL-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/4869/
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Happy World Bengkulu Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Happy World Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa pelayanan Happy World Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : 1) Jawaban Responden berada pada angka 3,19 atau cukup setuju atas pertanyaan yang diajukan untuk mengukur dimensi bukti fisik; 2) Jawaban Responden terhadap dimensi kehandalan berada pada angka 3,9 atau sangat setuju atas pernyataan yang diajukan seputar dimensi kehandalan; 3) Jawaban responden berada pada angka 3,55 atau setuju atas pertanyaan yang diajukan seputar dimensi daya tanggap kualitas pelayanan; 4) Jawaban Responden setuju terhadap dimensi jaminan (3,29). Responden menganggap bahwa karyawan Happy World Bengkulu telah cukup memiliki pengalaman dan kemampuan yang memadai, mampu menciptakan rasa aman kepada pelanggan, dan telah memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sabar; dan 5) Responden menyatakan bahwa kualitas pelayanan ditinjau dari aspek empati sudah cukup baik (3.27). Artinya karyawan Happy World Bengkulu telah memahami kebutuhan pelayanan yang diharapkan pelanggan, pegawai mendahulukan kepentingan pelanggan, dan pegawai memberikan perhatian kepada setiap pelanggan.