HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL (Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu)
Main Authors: | Fuspita Sari, Elda, Suardi, Jasma, Sofino, Sofino |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2600/1/Skripsi%20Elda%20Fuspita%20Sari-2.pdf http://repository.unib.ac.id/2600/ |
ctrlnum |
2600 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/2600/</relation><title>HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
KEAKSARAAN FUNGSIONAL
(Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan
Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu)</title><creator>Fuspita Sari, Elda</creator><creator>Suardi, Jasma</creator><creator>Sofino, Sofino</creator><subject>AI Indexes (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam penggunaan
Handphone (HP) sebagai media pembelajaran Keaksaraan Fungsional dan
keefektifan media Handphone di dalam pembelajaran keaksaaraan fungsional.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Secara deskriptif, peneliti
akan mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana desain penggunaan media
handphone di dalam pembelajaran buta aksara dasar, yang nantinya akan
menemukan hipotesis, dan untuk mengetahui makna yang lebih dalam terhadap
kebermanfaatan penggunaan media handphone dalam pembelajaran buta aksara
dasar bagi warga belajar melalui pendekatan kualitatif. Yaitu, melalui praktek
kerja lapangan (PKL), di sini peneliti terlibat langsung dalam penelitian, dengan
ini diharapkan peneliti tahu persis apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian
atau sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara Purposive,
yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian ini
adalah tutor pemberantasan buta aksara dan masyarakat yang berumur 15-44
tahun, menikah atau belum menikah, bekerja atau tidak bekerja, wanita dan laki-
laki, dan menyandang buta aksara dasar, berjumlah 12 orang yang terdapat di
Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi
Bengkulu. Untuk mengetahui validitas penelitian dilakukan dengan cara uji
credibility (kredibilitas), uji transferability (keteralihan), uji dependability
(auditability), dan uji confirmability (dapat dikonfirmasi). Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dalam berbagai setting, sumber, dan berbagai cara.
Setelah data terkumpul, dilakukan interpretasi data dan analisis secara
kontekstual. Kemudian didapatlah hasil penelitian bahwa handphone merupakan
media yang efektif dalam pembelajaran buta aksara.</description><date>2009</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/2600/1/Skripsi%20Elda%20Fuspita%20Sari-2.pdf</identifier><identifier> Fuspita Sari, Elda and Suardi, Jasma and Sofino, Sofino (2009) HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL (Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB. </identifier><recordID>2600</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fuspita Sari, Elda Suardi, Jasma Sofino, Sofino |
title |
HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
KEAKSARAAN FUNGSIONAL
(Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan
Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu) |
publishDate |
2009 |
topic |
AI Indexes (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/2600/1/Skripsi%20Elda%20Fuspita%20Sari-2.pdf http://repository.unib.ac.id/2600/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam penggunaan
Handphone (HP) sebagai media pembelajaran Keaksaraan Fungsional dan
keefektifan media Handphone di dalam pembelajaran keaksaaraan fungsional.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Secara deskriptif, peneliti
akan mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana desain penggunaan media
handphone di dalam pembelajaran buta aksara dasar, yang nantinya akan
menemukan hipotesis, dan untuk mengetahui makna yang lebih dalam terhadap
kebermanfaatan penggunaan media handphone dalam pembelajaran buta aksara
dasar bagi warga belajar melalui pendekatan kualitatif. Yaitu, melalui praktek
kerja lapangan (PKL), di sini peneliti terlibat langsung dalam penelitian, dengan
ini diharapkan peneliti tahu persis apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian
atau sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara Purposive,
yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian ini
adalah tutor pemberantasan buta aksara dan masyarakat yang berumur 15-44
tahun, menikah atau belum menikah, bekerja atau tidak bekerja, wanita dan laki-
laki, dan menyandang buta aksara dasar, berjumlah 12 orang yang terdapat di
Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi
Bengkulu. Untuk mengetahui validitas penelitian dilakukan dengan cara uji
credibility (kredibilitas), uji transferability (keteralihan), uji dependability
(auditability), dan uji confirmability (dapat dikonfirmasi). Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dalam berbagai setting, sumber, dan berbagai cara.
Setelah data terkumpul, dilakukan interpretasi data dan analisis secara
kontekstual. Kemudian didapatlah hasil penelitian bahwa handphone merupakan
media yang efektif dalam pembelajaran buta aksara. |
id |
IOS6175.2600 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:03:39Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:03:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674557878053109760 |
score |
17.538404 |