PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Main Authors: Herdiansyah, Octa, Daimun, Hambali, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/18738/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan desain ‘Matching Only Posttest Control Group Design’ terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.