PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Herdiansyah, Octa, Daimun, Hambali, Sri, Ken Kustianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf http://repository.unib.ac.id/18738/ |
ctrlnum |
18738 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/18738/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU</title><creator>Herdiansyah, Octa</creator><creator>Daimun, Hambali</creator><creator>Sri, Ken Kustianti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan desain ‘Matching Only Posttest Control Group Design’ terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. 

Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.</description><date>2018-05-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf</identifier><identifier> Herdiansyah, Octa and Daimun, Hambali and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>18738</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
Herdiansyah, Octa Daimun, Hambali Sri, Ken Kustianti |
title |
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2018 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf http://repository.unib.ac.id/18738/ |
contents |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan desain ‘Matching Only Posttest Control Group Design’ terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi. |
id |
IOS6175.18738 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2019-07-11T16:15:21Z |
last_indexed |
2019-07-11T16:15:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685973116368453632 |
score |
17.538404 |