PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Main Authors: Herdiansyah, Octa, Daimun, Hambali, Sri, Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/18738/
ctrlnum 18738
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/18738/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU</title><creator>Herdiansyah, Octa</creator><creator>Daimun, Hambali</creator><creator>Sri, Ken Kustianti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan desain &#x2018;Matching Only Posttest Control Group Design&#x2019; terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. &#xD; &#xD; Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.</description><date>2018-05-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf</identifier><identifier> Herdiansyah, Octa and Daimun, Hambali and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>18738</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Herdiansyah, Octa
Daimun, Hambali
Sri, Ken Kustianti
title PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU
publishDate 2018
topic LB Theory and practice of education
url http://repository.unib.ac.id/18738/1/SKRIPSI%20OCTA%20HERDIANSYAH%20%28A1G013095%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/18738/
contents Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan desain ‘Matching Only Posttest Control Group Design’ terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.
id IOS6175.18738
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2019-07-11T16:15:21Z
last_indexed 2019-07-11T16:15:21Z
recordtype dc
_version_ 1685973116368453632
score 17.538404