PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN GUGUS 15 KOTA BENGKULU

Main Authors: Riyanti, Mitha, Sri, Dadi, Syahril, Yusuf
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18728/1/SKRIPSI%20mita.pdf
http://repository.unib.ac.id/18728/
Daftar Isi:
  • Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gugus 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengandesainThe matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa pilihan ganda (multiplechoice).pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelassampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan siswa kelas IVA SDN 76Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung 2,52> ttabel 1,668. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gugus 15 Kota Bengkulu Kata kunci :Two Stay Two Stray, hasil belajar, IPS