PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU

Main Authors: Fahmia, Hafiza, Karjiyati, Karjiyati, Dalifa, Dalifa
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18714/1/PDF%20SKRIPSI%20HAFIZA%20FAHNIA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18714/
ctrlnum 18714
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/18714/</relation><title>PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU</title><creator>Fahmia, Hafiza</creator><creator>Karjiyati, Karjiyati</creator><creator>Dalifa, Dalifa</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus XII yang terdiri dari 5 SD. Berdasarkan hasil uji homogenitas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 99 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 81 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry yaitu 78,120 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 62,789. Uji-t kedua kelas sampel dengan taraf signifikansi &#x3B1; = 0,05, diperoleh thitung = 4,730 sedangkan ttabel = 2,000, thitung &gt; ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan persentase hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen 83,36 % dan pada kelas kontrol 33,98 %. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model guided inquiry. &#xD; &#xD; Kata kunci : guided inquiry, hasil belajar, matematika</description><date>2018-05-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/18714/1/PDF%20SKRIPSI%20HAFIZA%20FAHNIA.pdf</identifier><identifier> Fahmia, Hafiza and Karjiyati, Karjiyati and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>18714</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Fahmia, Hafiza
Karjiyati, Karjiyati
Dalifa, Dalifa
title PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU
publishDate 2018
topic LB Theory and practice of education
url http://repository.unib.ac.id/18714/1/PDF%20SKRIPSI%20HAFIZA%20FAHNIA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18714/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus XII yang terdiri dari 5 SD. Berdasarkan hasil uji homogenitas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 99 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 81 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry yaitu 78,120 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 62,789. Uji-t kedua kelas sampel dengan taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh thitung = 4,730 sedangkan ttabel = 2,000, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan persentase hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen 83,36 % dan pada kelas kontrol 33,98 %. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model guided inquiry. Kata kunci : guided inquiry, hasil belajar, matematika
id IOS6175.18714
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2019-07-11T16:15:21Z
last_indexed 2019-07-11T16:15:21Z
recordtype dc
_version_ 1685973116294004736
score 17.538404