PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI TEKNIK TIM KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

Main Authors: Hamzah, Fitria Erita, Sri, Dadi, Herman, Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18713/1/SKRIPSI%20PDF%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/18713/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe picture and picture melalui tim kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Kota Bengkulu (kelas kontrol) dan siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu (kelas eksperimen). Hasil uji-t didapatkan thitung 3,379> ttabel 1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model kooperatif tipe picture and picture melalui teknik tim kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Kooperatif, Picture and Picture, Tim Kuis, Hasil Belajar IPS