PENGARUH MEDIA JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SD NEGERI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Ayu Kartika, Ansyori, Gunawan, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18573/1/AYU%20KARTIKA%20SARI%201%20OKE.pdf http://repository.unib.ac.id/18573/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching-Only PretestPosttest Control Group Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SD Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sampel dalam penelitian adalah kelas II di SD Negeri 58 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 38 Kota Bengkulu sebagai kelas control. Instrumen penelitian digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal esai yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung, data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 70.14 dan pada kelas kontrol yaitu 59.3. Hasil uji-t posttest pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung sebesar 2.40 lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1.68, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh media jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di SD Negeri 58 Kota Bengkulu dan SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Jarimatika, Hasil Belajar, Matematika