PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PIZZA HUT BENGKULU
Main Authors: | OSKAR, MUHAMMAD, Syaiful, Anwar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15692/1/Skripsi%20oskar.pdf http://repository.unib.ac.id/15692/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan Pizza Hut Bengkulu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Pizza Hut Bengkulu. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu ingin mengetahui tanggapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Pizza Hut dan tanggapan pelanggan terhadap harga yang ditawarkan oleh Pizza Hut. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, maka data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer, dengan menggunakan teknik penyebaran kuuisioner secara langsung kepada pelanggan Pizza Hut. Sebanyak 105 responden yang dapat digunakan untuk dianalisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling yang merupakan metode pengambilan data hanya pada orang tertentu, yaitu pelanggan Pizza Hut. Untuk mengukur pernyataan yang didapat dari kuisioner penelitian ini menggunakan skala likert. Pada penggujian hipotesisinya menggunakan uji validitas dan realiabilitas, uji regresi linier berganda. Penyebaran kuesioner dilakukan selama satu bulan yaitu bulan Mei 2016. Pada kuisioner penelitian terdapat pertanyaan awal yang menyangkut dengan apakah responden penyuka atau bukan Pizza Hut, dilanjutkan dengan pertanyaan menyangkut demografi dan memberikan tanggapan mengenai pernyataan indikator dalam penelitian ini yang disajikan dalam pernyataan tertutup. Berdasarkan informasi yang diperoleh menunjukan bahwa mayoritas pelanggan Pizza Hut adalah perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan lebih menyukai Pizza dibandingkan kaum laki-laki selain itu perempuan dalam memilih tempat makan lebih mengutamakan kenyamanan tempat serta konsep yang menarik dan fasilitas yang menunjang seperti tempat selfie dan free wifi. Pelanggan Pizza Hut berada pada rentang usia 17-26 tahun dengan persentase 43,8% berbanding tipis dengan rentang usia 27-36 tahun dengan persentase 40,9%, dan pada tingkat pendidikan yaitu sarjana. Mayoritas pekerjaan responden adalah pegawai negeri sipil dan swasta dengan tingkat pendapatan masing-masing Rp. 2.600.0003.500.000 dan Rp. 1.600.000-2.500.000. Selain itu data yang diperoleh menunujukan bahwa mayoritas pelanggan mengunjungi Pizza Hut sebanyak tiga kali dalam sebulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Pizza Hut baik secara parsial maupun simultan ini menunjukan bahwa pelanggan cenderung memilih Pizza Hut karena memiliki kualitas pelayanan yang baik dan harga yang relatif terjangkau oleh pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan