ANALISIS SALURAN PEMASARAN ITIK LOKAL DI KELURAHAN TALANG BENIH KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG
Main Authors: | Ghazali, M Teguh, Johan, Setianto, Dadang, Suherman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15580/1/SKRIPSI%20M%20Tegu%20Ghazali.pdf http://repository.unib.ac.id/15580/ |
Daftar Isi:
- Itik merupakan jenis unggas air yang telah lama dikenal dan dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber penghasil protein hewani, berupa telur dan daging. Perkembangan itik yang berada di Kelurahan Talang Benih Kabupaten Rejang Lebong semakin meningkat, dilihat pada tahun 2015 berjumlah 1611 ekor dan pada tahun 2016 berjumlah 6098 ekor. Suatu usaha peternakan dapat berkembang, jika setiap peternak mengetahui dan dapat mengaplikasikan jalur pemasaran yang efisien. Umumnya pemasaran itik melibatkan beberapa pelaku pemasaran, diantaranya pedagang besar, pengepul, penyalur, dan pengecer. Salah satu langkah penting dalam mengembangkan usaha peternakan itik lokal adalah menentukan saluran pemasaran yang efisien. Efesiensi pemasaran dapat memberikan margin maksimal pedagang itik lokal. Indikator efesinsi pemasaran terdapat pada margin pemasaran dan share harga. Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran itik lokal di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilakukan di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong yang merupakan populasi itik lokal paling banyak. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara terhadap peternak dan pedagang yang terlibat dalam pemasaran itik lokal. Penelitian ini menggunakan metode surve. Penentuan lokasi dan responden dilakukan secara purposive. Saluran pemasaran itik lokal dari Kelurahan Talang Benih ke wilayah luar Kelurahan Talang Benih terdiri dari tiga bentuk, yaitu : (SP1) peternak dan konsumen. (SP2)peternak, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. (SP3) peternak, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran II dan III masing-masing paling efisien ialah pedagang pengumpul. Kata kunci : itik lokal, saluran pemasaran, margin, share harga dan efesiensi pemasaran