ANALISIS SALURAN PEMASARAN ITIK LOKAL DI KELURAHAN TALANG BENIH KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Ghazali, M Teguh, Johan, Setianto, Dadang, Suherman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15580/1/SKRIPSI%20M%20Tegu%20Ghazali.pdf
http://repository.unib.ac.id/15580/
ctrlnum 15580
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/15580/</relation><title>ANALISIS SALURAN PEMASARAN ITIK LOKAL DI KELURAHAN TALANG BENIH KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG</title><creator>Ghazali, M Teguh</creator><creator>Johan, Setianto</creator><creator>Dadang, Suherman</creator><subject>S Agriculture (General)</subject><description>Itik merupakan jenis unggas air yang telah lama dikenal dan dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber penghasil protein hewani, berupa telur dan daging. Perkembangan itik yang berada di Kelurahan Talang Benih Kabupaten Rejang Lebong semakin meningkat, dilihat pada tahun 2015 berjumlah 1611 ekor dan pada tahun 2016 berjumlah 6098 ekor. Suatu usaha peternakan dapat berkembang, jika setiap peternak mengetahui dan dapat mengaplikasikan jalur pemasaran yang efisien. Umumnya pemasaran itik melibatkan beberapa pelaku pemasaran, diantaranya pedagang besar, pengepul, penyalur, dan pengecer. &#xD; Salah satu langkah penting dalam mengembangkan usaha peternakan itik lokal adalah menentukan saluran pemasaran yang efisien. Efesiensi pemasaran dapat memberikan margin maksimal pedagang itik lokal. Indikator efesinsi pemasaran terdapat pada margin pemasaran dan share harga. Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran itik lokal di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilakukan di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong yang merupakan populasi itik lokal paling banyak. &#xD; Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara terhadap peternak dan pedagang yang terlibat dalam pemasaran itik lokal. Penelitian ini menggunakan metode surve. Penentuan lokasi dan responden dilakukan secara purposive. Saluran pemasaran itik lokal dari Kelurahan Talang Benih ke wilayah luar Kelurahan Talang Benih terdiri dari tiga bentuk, yaitu : (SP1) peternak dan konsumen. (SP2)peternak, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. (SP3) peternak, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran II dan III masing-masing paling efisien ialah pedagang pengumpul. Kata kunci : itik lokal, saluran pemasaran, margin, share harga dan efesiensi pemasaran</description><date>2017-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/15580/1/SKRIPSI%20M%20Tegu%20Ghazali.pdf</identifier><identifier> Ghazali, M Teguh and Johan, Setianto and Dadang, Suherman (2017) ANALISIS SALURAN PEMASARAN ITIK LOKAL DI KELURAHAN TALANG BENIH KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>15580</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Ghazali, M Teguh
Johan, Setianto
Dadang, Suherman
title ANALISIS SALURAN PEMASARAN ITIK LOKAL DI KELURAHAN TALANG BENIH KECAMATAN CURUP KOTA KABUPATEN REJANG LEBONG
publishDate 2017
topic S Agriculture (General)
url http://repository.unib.ac.id/15580/1/SKRIPSI%20M%20Tegu%20Ghazali.pdf
http://repository.unib.ac.id/15580/
contents Itik merupakan jenis unggas air yang telah lama dikenal dan dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber penghasil protein hewani, berupa telur dan daging. Perkembangan itik yang berada di Kelurahan Talang Benih Kabupaten Rejang Lebong semakin meningkat, dilihat pada tahun 2015 berjumlah 1611 ekor dan pada tahun 2016 berjumlah 6098 ekor. Suatu usaha peternakan dapat berkembang, jika setiap peternak mengetahui dan dapat mengaplikasikan jalur pemasaran yang efisien. Umumnya pemasaran itik melibatkan beberapa pelaku pemasaran, diantaranya pedagang besar, pengepul, penyalur, dan pengecer. Salah satu langkah penting dalam mengembangkan usaha peternakan itik lokal adalah menentukan saluran pemasaran yang efisien. Efesiensi pemasaran dapat memberikan margin maksimal pedagang itik lokal. Indikator efesinsi pemasaran terdapat pada margin pemasaran dan share harga. Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran itik lokal di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian dilakukan di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong yang merupakan populasi itik lokal paling banyak. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara terhadap peternak dan pedagang yang terlibat dalam pemasaran itik lokal. Penelitian ini menggunakan metode surve. Penentuan lokasi dan responden dilakukan secara purposive. Saluran pemasaran itik lokal dari Kelurahan Talang Benih ke wilayah luar Kelurahan Talang Benih terdiri dari tiga bentuk, yaitu : (SP1) peternak dan konsumen. (SP2)peternak, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. (SP3) peternak, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran II dan III masing-masing paling efisien ialah pedagang pengumpul. Kata kunci : itik lokal, saluran pemasaran, margin, share harga dan efesiensi pemasaran
id IOS6175.15580
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:08:45Z
last_indexed 2018-09-17T09:08:45Z
recordtype dc
_version_ 1683771169556135936
score 17.538404