PENGARUH BAHAN AJAR MUATAN LOKAL PANORAMA ALAM DI BENGKULU TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Astuti, Sri, Dalifa, Dalifa, V. Karjiyati, V. Karjiyati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14861/1/Skripsi%20Sri%20Astuti.pdf http://repository.unib.ac.id/14861/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar muatan lokal panorama alam di Bengkulu terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan jenis desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil uji-t dengan t hitung sebesar 2,380 dan t tabel 2,005. Jadi, thitung (2,380) > ttabel (2,005). Nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar muatan lokal panorama alam di Bengkulu terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 07 Kota Bengkulu.