Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Gugus X Kota Bengkulu

Main Authors: Nurlaila, Septi, Dadi, Sri, V. Karjiyati, V. Karjiyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14856/1/SKRIPSI%20SEPTI%20NURLAILA.pdf
http://repository.unib.ac.id/14856/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN gugus X kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 58 Kota Bengkulu dan siswa kelas IV SDN 15 Kota Bengkulu. Hasil uji-t didapatkan t hitung 6,079 > t tabel 1,995. Nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN gugus X kota Bengkulu.