PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADASIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KOTA BENGKULU (PEMANFAATAN SAMPAH UNTUK KERAJINAN PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK)
Main Authors: | Ikhsan, Nuzi Khairul, V. Karjiyati, V. Karjiyati, Muktadir, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14794/1/SKRIPSI%20NUZI%20KHAIRUL%20IKHSAN.pdf http://repository.unib.ac.id/14794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas V di SD Negeri 09 kota Bengkulu (pemanfaatan sampah untuk kerajinan produktif dalam pembelajaran Tematik). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data nilai angket dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 09 kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket sikap peduli lingkungan yang diberikan melalui pre-angket (sebelum pembelajaran berlangsung) dan post-angket (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata post-angket kelas eksperimen (85,95) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol (83,47). Hasil ujit dengan t- (3,66) > t- (1,99), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas V di SD Negeri 09 kota Bengkulu (pemanfaatan sampah untuk kerajinan produktif dalam pembelajaran Tematik). hitung tabel