PENGARUH PERMAINAN LOMPAT KODOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V di SD N 51 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Rosa, Elfitria, V. Karjiyati, V. Karjiyati, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14665/1/SKRIPSI%20ELFITRIA%20ROSA%20%28A1G013031%29.pdf http://repository.unib.ac.id/14665/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat kodok terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD N 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matchin `g Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatmen) pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N 51 Kota Bengkulu, yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (78,07) lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol (71,29). Hasil uji-t dengan t sebesar 2,38 dan t tabel hitung sebesar 2,02. Jadi nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel , kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh permainan lompat kodok terhadap hasil belajar aspek kognitif pada pembelajaran Matematika siswa kelas V di SD N 51 Kota Bengkulu.