Perbedaan hasil belajar fisika siswa pada konsep termodinamika antara yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing melalui praktikum real dengan virtual di SMAN 8 Kota Bengkulu

Main Author: Masruroh, Zulvi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14355/1/full%20skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/14355/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing praktikum real dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model inkuiri terbimibng melalui praktikum virtual. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan populasi siswa kelas XI di SMAN 8 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen A dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen B. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian sebanyak 5 soal setiap pertemuannya pada konsep termodinamika. Analisis perbedaan hasil belajar menggunaka uji t dua sampel independen, diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A tidak berbeda signifikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen B, dengan thitung -0,70 < ttabel 1,66 pada taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen A yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing melalui praktikum real dengan siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing melalui praktikum virtual. Kata kunci : model inkuiri terimbing, praktikum real, praktikum virtual dan hasil belajar.