PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA PUSAT BIAYA PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BENGKULU

Main Authors: Mutia Cahya Ningrum, Trie, Azizah, Nurna
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14148/1/Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/14148/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja rumah sakit yang diukur melalui struktur organisasi, penyusunan anggaran biaya rumah sakit dan pengkodean rekening serta pelaporan biaya operasional rumah sakit dan menganalisis perbandingan antara realisasi biaya dengan anggaran biaya yang terdapat pada laporan pertanggungjawaban untuk menilai kinerja pada rumah sakit.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data primer, kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini Kasubbagrenim, Kasubbagbinfung, Kasubbid Yanmed Dokpol dan Kasubbid Jang Medum Rumah Sakit Bhayangkara Bengkulu. Hasil Pada rumkit Bhayangkara Bengkulu akuntansi pertangungjawaban telah diterapkan, dapat dilihat melalui struktur organisasi yang secara jelas dan tegas memisahkan wewenang dan tanggungjawab masing-masing pusat pertanngungjawaban. Penyusunan anggaran biaya rumah sakit dan pengkodean rekening telah diterapkan di Rumkit yang dapat dilihat pada laporan rekapitulasi angggaran biaya tahun 2015. Dan penilaian kinerja Kepala bagian dan kepala bidang dilakukan dengan membandingkan antara realisasi yang telah dicapai dengan anggaran yang telah disusun selama periode tertentu. Kinerja manajer pusat biaya diukur dan dinilai berdasarkan perbandingan antara target anggaran dengan realisasi anggaran. Hal ini tidak sepenuhnya sebagai penilaian kinerja Kepala bagian dan kepala bidang karena terdapat sisi lain di luar penerapan akuntansi pertanggungjawaban seperti absensi dan loyalitas. Kata Kunci: Akuntansi pertanggungjawaban, Penilaian kinerja, struktur organisasi, penyusunan anggaran biaya, pengkodean rekening, pelaporan biaya operasional, dan realisasi biaya.