PERANCANGAN MEKANISME FURLING CONTROL UNTUK TURBIN ANGIN SKALA MIKRO

Main Authors: PRAMUDIONO, LINGGAR, Supardi, Nurul Iman, Suandi, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed audio
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13845/1/SKRIPSI%20LINGGAR.pdf
http://repository.unib.ac.id/13845/
Daftar Isi:
  • Perubahan kecepatan angin yang drastis dengan interval yang sangat cepat membuat turbin angin membutuhkan sistem pengaman yang bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat energi angin berlebih. Sistem kontrol mekanik furling bekerja dengan memanfaatkan gaya aerodinamika dan gaya gravitasi bumi, sehingga sistem sederhana ini realistis untuk diimplementasikan pada turbin angin skala mikro. Dalam penelitian ini sistem furling dirancang untuk melakukan langkah proteksi pada kecepatan angin 8 m/s serta melakukan variasi panjang ekor sebesar 10% lebih pendak dan 10% lebih panjang dari panjang ekor hasil perhitungan desain. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil sebagai media untuk merekayasa kecepatan angin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perancangan sistem furling telah mendekati kriteria yang diinginkan yaitu mulai berpaling pada kecepatan angin 7,6 m/s dengan putaran bilah maksimum pada 9,6 m/s sebesar 1007 rpm. Penggunaan ekor yang lebih panjang memperlambat kerja furling, sehingga putaran maksimum bilah menjadi tinggi yaitu sebesar 1140 rpm pada 13,2 m/s. Sebaliknya ekor yang lebih pendek mempercepat kerja furling sehingga putaran bilah maksimum yang dihasilkan menjadi rendah yaitu sebesar 950 rpm. pada kecepatan angin 10,1 m/s. Kata kunci : furling, kontrol mekanik, turbin angin