PERANCANGAN MEKANISME FURLING CONTROL UNTUK TURBIN ANGIN SKALA MIKRO

Main Authors: PRAMUDIONO, LINGGAR, Supardi, Nurul Iman, Suandi, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed audio
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/13845/1/SKRIPSI%20LINGGAR.pdf
http://repository.unib.ac.id/13845/
ctrlnum 13845
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/13845/</relation><title>PERANCANGAN MEKANISME FURLING CONTROL UNTUK TURBIN ANGIN SKALA MIKRO</title><creator>PRAMUDIONO, LINGGAR</creator><creator>Supardi, Nurul Iman</creator><creator>Suandi, Agus</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Perubahan kecepatan angin yang drastis dengan interval yang sangat cepat membuat turbin angin membutuhkan sistem pengaman yang bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat energi angin berlebih. Sistem kontrol mekanik furling bekerja dengan memanfaatkan gaya aerodinamika dan gaya gravitasi bumi, sehingga sistem sederhana ini realistis untuk diimplementasikan pada turbin angin skala mikro. Dalam penelitian ini sistem furling dirancang untuk melakukan langkah proteksi pada kecepatan angin 8 m/s serta melakukan variasi panjang ekor sebesar 10% lebih pendak dan 10% lebih panjang dari panjang ekor hasil perhitungan desain. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil sebagai media untuk merekayasa kecepatan angin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perancangan sistem furling telah mendekati kriteria yang diinginkan yaitu mulai berpaling pada kecepatan angin 7,6 m/s dengan putaran bilah maksimum pada 9,6 m/s sebesar 1007 rpm. Penggunaan ekor yang lebih panjang memperlambat kerja furling, sehingga putaran maksimum bilah menjadi tinggi yaitu sebesar 1140 rpm pada 13,2 m/s. Sebaliknya ekor yang lebih pendek mempercepat kerja furling sehingga putaran bilah maksimum yang dihasilkan menjadi rendah yaitu sebesar 950 rpm. pada kecepatan angin 10,1 m/s. &#xD; Kata kunci : furling, kontrol mekanik, turbin angin</description><date>2017-12-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:audio</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/13845/1/SKRIPSI%20LINGGAR.pdf</identifier><identifier> PRAMUDIONO, LINGGAR and Supardi, Nurul Iman and Suandi, Agus (2017) PERANCANGAN MEKANISME FURLING CONTROL UNTUK TURBIN ANGIN SKALA MIKRO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>13845</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:audio
Other
author PRAMUDIONO, LINGGAR
Supardi, Nurul Iman
Suandi, Agus
title PERANCANGAN MEKANISME FURLING CONTROL UNTUK TURBIN ANGIN SKALA MIKRO
publishDate 2017
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url http://repository.unib.ac.id/13845/1/SKRIPSI%20LINGGAR.pdf
http://repository.unib.ac.id/13845/
contents Perubahan kecepatan angin yang drastis dengan interval yang sangat cepat membuat turbin angin membutuhkan sistem pengaman yang bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat energi angin berlebih. Sistem kontrol mekanik furling bekerja dengan memanfaatkan gaya aerodinamika dan gaya gravitasi bumi, sehingga sistem sederhana ini realistis untuk diimplementasikan pada turbin angin skala mikro. Dalam penelitian ini sistem furling dirancang untuk melakukan langkah proteksi pada kecepatan angin 8 m/s serta melakukan variasi panjang ekor sebesar 10% lebih pendak dan 10% lebih panjang dari panjang ekor hasil perhitungan desain. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil sebagai media untuk merekayasa kecepatan angin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perancangan sistem furling telah mendekati kriteria yang diinginkan yaitu mulai berpaling pada kecepatan angin 7,6 m/s dengan putaran bilah maksimum pada 9,6 m/s sebesar 1007 rpm. Penggunaan ekor yang lebih panjang memperlambat kerja furling, sehingga putaran maksimum bilah menjadi tinggi yaitu sebesar 1140 rpm pada 13,2 m/s. Sebaliknya ekor yang lebih pendek mempercepat kerja furling sehingga putaran bilah maksimum yang dihasilkan menjadi rendah yaitu sebesar 950 rpm. pada kecepatan angin 10,1 m/s. Kata kunci : furling, kontrol mekanik, turbin angin
id IOS6175.13845
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:08:12Z
last_indexed 2018-09-17T09:08:12Z
recordtype dc
_version_ 1683771154555207680
score 17.538404