APPLYING THINK TALK WRITE (TTW) STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXTS (A Classroom Action Research at Grade XI social 1 of SMAN 8 Bengkulu in 2015/2016 Academic Year)
Main Authors: | RISTI RAHAYU, DWI, Azwandi, Azwandi, Ambaratsari, Esti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/13681/1/pdf%20dwi%20peni.pdf http://repository.unib.ac.id/13681/ |
Daftar Isi:
- Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mana bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan dari strategi Think Talk Write dan menjelaskan bagaimana strategi ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 8 Bengkulu. Instrumen dari penelitian ini adalah tes kemampuan menulis dan lembar observasi ceklis guru, lembar observasi ceklis siswa, dan. Fokus dari penelitian ini adalah pada kemampuan siswa didalam menulis teks hortatori eksposisi, khususnya didalam mengembangkan ide. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap siklusnya terdapat tiga pertemuan. Terdapat empat langkah disetiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari lembar observasi ceklis guru dan siswa menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write meningkatkan kualitas pdari proses pengajaran dan pembelajaran didalam kelas. Hasil tes kemampuan menulis siswa menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write telah meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan signifikan. Trdapat 55,1% siswa yang mencapai KKM disiklus 1 dan meningkat menjadi 79,3% di siklus 2. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan yang dibuat oleh siswa setelah penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran menulis. Katakunci: kemampuan menulis, teks hortatory eksposisi, think talk write (TTW) strategy