ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU
Main Author: | Rizky Perdana, Elvin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12972/1/Elvin%20Rizky%20Perdana%20-%20%20A1C009063.pdf http://repository.unib.ac.id/12972/ |
ctrlnum |
12972 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/12972/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN 
SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN 
DI KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU</title><creator>Rizky Perdana, Elvin</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan di kelas VII di SMP
Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa jenis kesalahan Kesalahan operasi pada
soal penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut sama dilakukan oleh 2 orang
siswa atau 5,7% dan kesalahan prinsip sebanyak 13 orang siswa atau 37,1%.
Kesalahan fakta pada soal penjumlahan pecahan campuran dengan penyebut
sama dilakukan oleh 3 orang siswa atau 8,6%, kesalahan operasi sebanyak 3 orang
siswa atau 8,6% dan kesalahan prinsip sebanyak 16 orang siswa atau 45,7%.
Kesalahan prinsip pada soal penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut berbeda
dilakukan oleh 14 orang siswa atau 40%. Kesalahan fakta pada penjumlahan
pecahan campuran dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 6 orang siswa atau
17,1%, kesalahan operasi sebanyak 7 orang siswa atau 20% dan kesalahan prinsip
sebanyak 20 orang siswa atau 57,1%. Kesalahan fakta pada soal pengurangan
pecahan biasa dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 1 orang siswa atau 2.8%,
kesalahan operasi sebanyak 2 orang siswa atau 5,7% dan kesalahan prinsip
sebanyak 17 orang siswa atau 48,6%. Kesalahan fakta pada soal pengurangan
pecahan campuran dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 16 orang siswa atau
45,7%, kesalahan operasi sebanyak 21 orang siswa atau 60% dan kesalahan
prinsip sebanyak 28 orang siswa atau 80%. Kesalahan fakta pada soal
penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan penyebut berbeda
dilakukan oleh 8 orang siswa atau 22,8%, kesalahan operasi sebanyak 14 orang
siswa atau 40% dan kesalahan prinsip sebanyak 29 orang siswa atau 82,8%.
Kesalahan fakta pada soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran
dengan penyebut berbeda menggunakan aturan tanda kurung dilakukan oleh 12
orang siswa atau 34,3%, kesalahan operasi sebanyak 4 orang siswa atau 11,4%
dan kesalahan prinsip sebanyak 16 orang siswa atau 45,7%. 
Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Bilangan Pecahan</description><date>2017-10-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/12972/1/Elvin%20Rizky%20Perdana%20-%20%20A1C009063.pdf</identifier><identifier> Rizky Perdana, Elvin (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>12972</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
Rizky Perdana, Elvin |
title |
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN
DI KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2017 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://repository.unib.ac.id/12972/1/Elvin%20Rizky%20Perdana%20-%20%20A1C009063.pdf http://repository.unib.ac.id/12972/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan di kelas VII di SMP
Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa jenis kesalahan Kesalahan operasi pada
soal penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut sama dilakukan oleh 2 orang
siswa atau 5,7% dan kesalahan prinsip sebanyak 13 orang siswa atau 37,1%.
Kesalahan fakta pada soal penjumlahan pecahan campuran dengan penyebut
sama dilakukan oleh 3 orang siswa atau 8,6%, kesalahan operasi sebanyak 3 orang
siswa atau 8,6% dan kesalahan prinsip sebanyak 16 orang siswa atau 45,7%.
Kesalahan prinsip pada soal penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut berbeda
dilakukan oleh 14 orang siswa atau 40%. Kesalahan fakta pada penjumlahan
pecahan campuran dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 6 orang siswa atau
17,1%, kesalahan operasi sebanyak 7 orang siswa atau 20% dan kesalahan prinsip
sebanyak 20 orang siswa atau 57,1%. Kesalahan fakta pada soal pengurangan
pecahan biasa dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 1 orang siswa atau 2.8%,
kesalahan operasi sebanyak 2 orang siswa atau 5,7% dan kesalahan prinsip
sebanyak 17 orang siswa atau 48,6%. Kesalahan fakta pada soal pengurangan
pecahan campuran dengan penyebut berbeda dilakukan oleh 16 orang siswa atau
45,7%, kesalahan operasi sebanyak 21 orang siswa atau 60% dan kesalahan
prinsip sebanyak 28 orang siswa atau 80%. Kesalahan fakta pada soal
penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan penyebut berbeda
dilakukan oleh 8 orang siswa atau 22,8%, kesalahan operasi sebanyak 14 orang
siswa atau 40% dan kesalahan prinsip sebanyak 29 orang siswa atau 82,8%.
Kesalahan fakta pada soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran
dengan penyebut berbeda menggunakan aturan tanda kurung dilakukan oleh 12
orang siswa atau 34,3%, kesalahan operasi sebanyak 4 orang siswa atau 11,4%
dan kesalahan prinsip sebanyak 16 orang siswa atau 45,7%.
Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Bilangan Pecahan |
id |
IOS6175.12972 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:07:57Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:07:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771149372096512 |
score |
17.538404 |