PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Main Author: | FAJARANTAU, ANTHUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12963/1/SKRIPSI%20ANTHUR%20FAJARANTAU.pdf http://repository.unib.ac.id/12963/ |
ctrlnum |
12963 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/12963/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI 
SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU</title><creator>FAJARANTAU, ANTHUR</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) untuk dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 20 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D
SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes
hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara: a) Memberi
motivasi kepada siswa untuk aktif dalam diskusi kelompok dan memberi teguran
kepada siswa dengan menghampiri siswa yang ribut untuk tidak melakukan
keributan.; b) Memberikan nilai tambah bagi kelompok yang mendapatkan nilai
tertinggi dan yang aktif bertanya saat presentasi berlangsung. Peningkatan
aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas
siswa siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 14,835 (kriteria kurang aktif);
20,335 (kriteria cukup aktif); 25,835 (kriteria aktif). Hasil belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan cara: a) Membimbing siswa dalam kerja kelompok saat
diskusi pertama (sebelum langkah bertamu dan tinggal) dan menekankan akan
pentingnya belajar kepada siswa agar siswa rajin belajar tidak hanya di sekolah
tetapi juga di luar sekolah.; b) Memberikan tugas membaca kepada siswa tentang
materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya agar siswa memiliki
pengetahuan awal yang baik dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat
dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dan persentase ketuntasan belajar
klasikal dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 58,9;68,03;72,48 dan
37,5%;62,5%;84,38%.</description><date>2017-10-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/12963/1/SKRIPSI%20ANTHUR%20FAJARANTAU.pdf</identifier><identifier> FAJARANTAU, ANTHUR (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>12963</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
FAJARANTAU, ANTHUR |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI
SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU |
publishDate |
2017 |
topic |
QA Mathematics |
url |
http://repository.unib.ac.id/12963/1/SKRIPSI%20ANTHUR%20FAJARANTAU.pdf http://repository.unib.ac.id/12963/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) untuk dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 20 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D
SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes
hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara: a) Memberi
motivasi kepada siswa untuk aktif dalam diskusi kelompok dan memberi teguran
kepada siswa dengan menghampiri siswa yang ribut untuk tidak melakukan
keributan.; b) Memberikan nilai tambah bagi kelompok yang mendapatkan nilai
tertinggi dan yang aktif bertanya saat presentasi berlangsung. Peningkatan
aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas
siswa siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 14,835 (kriteria kurang aktif);
20,335 (kriteria cukup aktif); 25,835 (kriteria aktif). Hasil belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan cara: a) Membimbing siswa dalam kerja kelompok saat
diskusi pertama (sebelum langkah bertamu dan tinggal) dan menekankan akan
pentingnya belajar kepada siswa agar siswa rajin belajar tidak hanya di sekolah
tetapi juga di luar sekolah.; b) Memberikan tugas membaca kepada siswa tentang
materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya agar siswa memiliki
pengetahuan awal yang baik dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat
dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dan persentase ketuntasan belajar
klasikal dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 58,9;68,03;72,48 dan
37,5%;62,5%;84,38%. |
id |
IOS6175.12963 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:07:57Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:07:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771149099466752 |
score |
17.538404 |