PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SDN 02 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA
Main Authors: | Wahyuni, Fitri, V. Karjiyati, V. Karjiyati,, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/12163/1/SKRIPSI%20FITRI%20WAHYUNI.pdf http://repository.unib.ac.id/12163/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika di Kelas V SDN 02 Putri Hijau Bengkulu Utara dengan menerapkan model pembelajaran KooperatifTipe STAD. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas( Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 02 Putri Hijau dengan jumlah 19 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan pada semester ganjil tahun 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari adalah lembar observasi dan tes.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap criteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil rata-rata skor observasi guru pada siklus 1 diperoleh sebesar 30,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan criteria baik. Sedangkan hasil ratarata skor observasi siswa pada siklus I diperoleh sebesar 30 dan meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan criteria baik. Hasiltes 19 orang siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 6,7 dengan ketuntasan belajar klasikal 63,2% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 8,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 89,5%. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan model kooperatiftipe STAD pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Putri Hijau Bengkulu Utara.