MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO

Main Author: Haryani, Sri
Format: BookSection PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Wiwaha , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1395/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1395/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1395
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1395/</relation><title>MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO</title><creator>Haryani, Sri</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Mengidentifikasi factor-factor yang mempengaruhi kinerja guru yang belum tuntas KKM, Menganalisi sebab faktor-faktor tersebut membuat kinerja guru belum tuntas KKM, Mengetahui Kinerja Guru dalam proses pembelajaran di SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Prpgo dan Menganalisis implementasi peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis di SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam proses pembelajaran belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terdapat pada aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa. Hal tersebut diketahui dengan banyaknya responden yang menyusun perencanaan pembelajaran sebesar 64%, pelaksanaan kegiatan pembelajaran 67% dan evaluasi hasil belajar siswa sebesar 66%. Implementasi pelaksanaan supervisi klinis dilakukan melalui tiga siklus. Siklus pertama adalah perencanaan. Guru mendatangi supervisor untuk minta dilakukan supervisi klinis sedangkan supervisor memberi masukan kepada guru. Siklus kedua adalah observasi kegiatan pembelajaran. Observasi berlangsung di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Siklus ketia adalah tindak lanjut. Siklus ini berupa evaluasi dan masukan dari supervisor kepada guru. Hasil supervisi klinis menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru yaitu persentase aspek perencanaan pembelajaran menjadi 83%, aspek kegiatan pembelajaran menjadi 81% dan aspek evaluasi hasil belajar sebesar 84%.&#xD; Kata Kunci: Kinerja guru, Pembelajaran, Supervisi klinis</description><publisher>STIE Widya Wiwaha</publisher><date>2020-01-30</date><type>Book:BookSection</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1395/1/view_usp%3Dsharing</identifier><identifier> Haryani, Sri (2020) MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : &#x201C;Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0&#x201D;. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 403-412. ISBN 978-602-51174-9-7 </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1395</recordID></dc>
language eng
format Book:BookSection
Book
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Thesis:Thesis
Thesis
author Haryani, Sri
title MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO
publisher STIE Widya Wiwaha
publishDate 2020
isbn 9786025117497
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/1395/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1395/
http://stieww.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Mengidentifikasi factor-factor yang mempengaruhi kinerja guru yang belum tuntas KKM, Menganalisi sebab faktor-faktor tersebut membuat kinerja guru belum tuntas KKM, Mengetahui Kinerja Guru dalam proses pembelajaran di SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Prpgo dan Menganalisis implementasi peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis di SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam proses pembelajaran belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terdapat pada aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa. Hal tersebut diketahui dengan banyaknya responden yang menyusun perencanaan pembelajaran sebesar 64%, pelaksanaan kegiatan pembelajaran 67% dan evaluasi hasil belajar siswa sebesar 66%. Implementasi pelaksanaan supervisi klinis dilakukan melalui tiga siklus. Siklus pertama adalah perencanaan. Guru mendatangi supervisor untuk minta dilakukan supervisi klinis sedangkan supervisor memberi masukan kepada guru. Siklus kedua adalah observasi kegiatan pembelajaran. Observasi berlangsung di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Siklus ketia adalah tindak lanjut. Siklus ini berupa evaluasi dan masukan dari supervisor kepada guru. Hasil supervisi klinis menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru yaitu persentase aspek perencanaan pembelajaran menjadi 83%, aspek kegiatan pembelajaran menjadi 81% dan aspek evaluasi hasil belajar sebesar 84%. Kata Kunci: Kinerja guru, Pembelajaran, Supervisi klinis
id IOS6163.1395
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2020-11-19T06:19:47Z
last_indexed 2020-12-13T12:02:38Z
recordtype dc
_version_ 1685964612640440320
score 17.538404