PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Amanda 2 Swalayan)
Main Authors: | Saraswati, Dini, Chasanah, Uswatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1295/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1295/2/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1295/ http://stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kelengkapan produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian di Amanda 2 Swalayan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di Amanda 2 Swalayan dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif (Independent Sample T-test dan One Way Anova), uji instrumen, asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2). Pengujian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 20 for window. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga secara persial menunjukan t hitung 5,545 > t tabel 1,9763 dan signifikan 0,000 < 0,05, yang artinya variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemebelian. Variabel kelengkapan produk secara persial menunjukan t hitung 2,870 > t tabel 1,9763 dan signifikan 0,005 < 0,05, yang artinya variabel kelengkapan peoduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemebelian. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F), diketahui f hitung 59,226 > f tabel 3,06 dengan signifikan 0,000 yang artinya variabel harga dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya Angka Adjusted R Square sebesar adalah 0,439. Hal ini berarti variabel harga dan kelengkapan produk memiliki kemampuan memberi kontribusi atau sumbangan pada keputusan pembelian sebesar 43,9%, sedangkan variabel-variabel lain diluar penelitian ini memiliki kemampuan memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap keputusan pembelian sebesar 56,1%. Kata kunci : Harga, Kelengkapan Produk dan Keputusan Pembelian