GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLI GIGI PUSKESMAS MOCHAMAD RAMDHAN BANDUNG

Main Author: PENGARANG:ANNA AULIA RAHMAH ; PEMBIMBING:drg. Rr. Megananda Hiranya Putri, M.Kes. ;PENGUJI 1:drg. Hj. Sri Mulyanti, M.Kes. PENGUJI 2:drg. Hj. Eliza Herijulianti, M.Pd.
Other Authors: AGUS SURYANA, S.SOS.
Format: Book
Terbitan: KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG JURUSAN KEPERAWATAN GIGI , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/49
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/41d260e91827b2cc005dfdc7f53e09b6.pdf
Daftar Isi:
  • aminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory). Dalam operasionalnya, JKN dikelola oleh BPJS Kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas Mochamad Ramdhan Bandung. Sampel berjumlah 62 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Dimensi pengukuran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS pada penelitian ini dilakukan dengan mengukur lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability (kehandalan), tangible (wujud/bukti langsung), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan dan kepastian) dan empathy (empati). Hasil penelitian mengenai tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas Mochamad Ramdhan Bandung menggambarkan bahwa responden merasa sangat puas terhadap variabel reliability dengan skor 84,5% dan berturut-turut 78,2% puas terhadap variabel tangible, 84,7% sangat puas terhadap variabel responsiveness , 86,5% sangat puas terhadap variabel assurance dan 84,5% sangat puas terhadap variabel empathy.