Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar

Main Authors: Bahari, Andi Faisal, Basalamah, Jafar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia , 2019
Online Access: http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/view/155
http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/view/155/111
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk, kualitas layanan dan peranan customer relationship management dalam membentuk tingkat kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. Sampel adalah individu yang telah menjadi peserta pertangguhan jaminan BPJS Ketenagakerjaan. ini. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Responden dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 79 peserta. Analisis Regresi Berganda digunakan untuk menguji pengaruh dari variabel independen penelitian (kualitas produk, kualitas layanan dan customer relationship management) terhadap variabel dependen penelitian (kepuasan peserta).