MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PEMBELAJARAN (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)
Main Authors: | Tanjung, Rahman, Cecep, Cecep, Sulaeman, Devi, Hanafiah, Hanafiah, Arifudin, Opan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM STIE Muhammadiah Bandung
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/627 http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/627/281 |
Daftar Isi:
- Student satisfaction with learning services is a goal to be achieved in the prime service of a service organization. In educational institutions, the process of organizing academic activities is at the forefront of an educational institution, but achieving quality academic activities cannot be separated from problems related to education delivery. This research method uses qualitative research with research studies using descriptive analysis approach based on field research. The results of this study indicate that the determinants of student satisfaction with higher education services are tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy if a priority scale is needed in an effort to improve service quality, the reliability factor must first be increased, because it gives a dominant influence in determine student satisfaction with STIT Rakeyan Santang Karawang services as an educational institution.
- Kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran merupakan sebuah tujuan yang ingin dicapai dalam layanan prima sebuah organisasi jasa. Dalam lembaga pendidikan, proses penyelenggaraan kegiatan akademik merupakan garda terdepan dari sebuah lembaga pendidikan, namun dalam mencapai kegiatan akademik yang bermutu tidak terlepas dari masalah-masalah terkait penyelenggaran pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif analisis berdasarkan penelitian lapangan (Field Research). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor penentu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan perguruan tinggi yaitu faktor tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy apabila diperlukan skala prioritas dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, maka faktor reliability yang terlebih dahulu harus ditingkatkan, karena memberikan pengaruh dominan dalam menentukan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan STIT Rakeyan Santang Karawang sebagai lembaga pendidikan.