DISIPLIN DAN PRESTASI AKADEMIK SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA PUSAT PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

Main Authors: Supriadi, Eddi, Mohamad Yusof, Abdul Raheem Bin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2017
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/238
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/238/240
Daftar Isi:
  • Kajian ini bertujuan, 1) mendeskripsikan disiplin kerja guru dan prestasi akademik sekolah, 2) mengenal pasti perhubungan dan sumbangan disiplin kerja guru terhadap prestasi akademik sekolah. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian 150 orang guru. Instrumen disiplin kerja merupakan merangkumi: (a) mentaati aturan, (b) kesadaran melaksanakan, (c) intropeksi diri, (d) menegakkan disiplin, (e) harapan yang tinggi dan (f) motivasi dalam disiplin. Instrumen soal selidik prestasi akademik adbiran, dan (f) pengurusan. Metodologi kajian mengguna kuantitatif. Analisis data secara deskriftif mengguna rata-rata dan sisihan piawai. Analisis inferen mengguna korelasi pearson dan regresi bivariat. Hasil penelitian, 1) tahap disiplin kerja guru dan prestasi akademik sekolah adalah tinggi, 2) terdapat perhubungan disiplin kerja guru terhadap prestasi akademik sekolah, sumbangan disiplin kerja guru terhadap prestasi akademik sekolah sebesar 33.2%. Karenanya prestasi akademik sekolah boleh dipertingkatkan melalui disiplin kerja guru.