PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (SURVEY SISWA KELAS XII SMAN 2 TAMBUN SELATAN BEKASI)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Komunikasi merupakan proses penting dalam segala proses kehidupan. Salah satu jenis komunikasi yang frekuensi terjadinya cukup tinggi adalah komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi. Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa didalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga menimbulkan motivasi belajar pada siswa dan guru merasakan kenyamanan dalam mengajar. Komunikasi interpersonal guru memberikan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan siswa dan seberapa baik siswa tersebut melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Prestasi akademik siswa dapat optimal jika dibangun dengan komunikasi yang baik. Terdapat 5 sikap yang harus dipertimbangkan ketika seseorang merencanakan komunikasi interpersonal diantaranya keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan sedangkan untuk motivasi belajar terdapat 4 aspek diantaranya keinginan untuk memahami dan menguasai apa yang dipelajari, komitmen akan tugas dan kewajiban belajar, inisiatif untuk belajar, dan optimis akan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan memperoleh data dengan metode survey pada siswa kelas XII SMAN 2 Tambun Selatan Bekasi. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, komunikasi interpersonal juga mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa semakin baik komunikasi antara siswa dan guru maupun siswa dan siswa lainnya maka motivasi belajar siswa juga semakin meningkat. Kata Kunci : komunikasi interpersonal, motivasi belajar. ABSTRACT Communication is an important process in whole life process. One kind about communication that have biggest frequency is interpersonal communication. Interpersonal communication between Teacher and student in the learning process is an important factor to make a fun learning process so that make motivation for student and teacher feel comfortable to learn. interpersonal communication with Teacher to give explain about what student must do and how student can do with their task and responsibility. Academic achievement will be optimum if build by a good communication. There are five attitude that should be considered if someone to make plan about interpersonal communication practice by communication opens, empathy, supporting, positive thinking and equality beside for student motivation there are four aspect such as desire to understand and in command what have learn, have commitment about task and study, have learn initiative, optimist about the result. The method that used in this research is quantitative that got the data from survey method of student of grade 12 SMAN 2 Tambun Selatan Bekasi. Researcher collecting the data on the primary by spread the questioner to 100 respondent that use with simple random sampling technique. Based on the result of research shows that interpersonal communication have influence on student motivation, communication interpersonal also have a significant relation to student motivation, the more a good communication between student and teacher or student with other student then student motivation will be increased. Keyword: Interpersonal communication, student motivation