STRATEGI HUMAS PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK DALAM MENSOSIALISASIKAN BUDAYA PERUSAHAAN “THE TELKOM WAY” KEPADA KARYAWAN PADA TAHUN 2019 (Penelitian kualitatif deskriptif tentang strategi humas dengan tema Save Planet..No Plastic di Telkom Landmark Tower Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dalam suatu perusahaan, agar tujuan perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan budaya perusahan. Alasan lain diciptakannya suatu budaya perusahaan antara lain dengan adanya budaya perusahaan maka dapat menciptakan komitmen dan menjadi perekat sosial baik dengan atasan dan karyawan ataupun antara karyawan dengan karyawan lainnya. Agar budaya perusahaan dapat dimengerti, dipahami dan dilaksanakan oleh karyawan maka perlu adanya strategi sosialisasi dari yang menciptakan dan mengembangkan budaya perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metodepenelitian deksriptif. Subyek yang menjadi sumber informasi adalah pihak internal perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang menjalankan fungsi Public Relations yaitu Corporate Communications. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer: wawancara mendalam , dan data sekunder: dokumentasi dan penelurusan data online. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi humas PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dalam mensosialisasikan budaya perusahaan “The Telkom Way” kepada karyawan pada tahun 2019, seperti penjelasan pengertian dari The Telkom Way itu sendiri, alasan perbedaan tema kegiatan sosialisasi pada setiap tahunnya, perencanaan strategi humas tentang sosialisasi budaya The Telkom Way, pelaksanaan strategi humas tentang sosialisasi budaya The Telkom Way dan evaluasi strategi humas tentang sosialisasi budaya The Telkom Way. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di ketahui strategi PR yang dilakukan humas PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan tema Save Planet..No Plastic dikatakan berhasil meningkatkan inisiatif karyawan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Kata Kunci : Strategi PR,Sosialisasi, Budaya Perusahaan ABSTRACT In a company, so that the company's goals can run smoothly then it needs a company culture.Another reason for creating a corporate culture is that with the company's culture, it can create commitments and become social adhesive with both superiors and employees and among employees with other employees.In order for corporate culture to be understood, and implemented by employees, there needs to be a socialization strategy from which creates and develops the company's culture. This research uses the paradigm of constructivism with the method of decsriptif research. The subject that is the source of information is internal company PT.Telecommunications Indonesia, which is conducting Public Relations function, namely Corporate Communications.The data collection techniques in this study were obtained through primary data: in-depth interviews, and secondary data: documentation and online data.The validity inspection technique of the data used is triangulation. The results of this study discussed about the Public Relations strategies of PT. Telekomunikasi Indonesia in socializing the company's culture "The Telkom Way" to employees in 2019, as explained The understanding of The Telkom Way itself, the reasons of The theme of socialization activities in every year, Planning of PR strategy about cultural socialization of The Telkom Way, The implementation of PR strategy about cultural socialization of The Telkom Way and the evaluation of the PR strategy about cultural socialization of The Telkom Way.Based on the results of this study can be in the know PR strategy conducted public relations PT.Telekomunikasi Indonesia with Save Planet theme.. No Plastic is said to successfully increase employee initiatives to reduce the use of plastic waste. Keywords: PR strategy, socialization, corporate culture