Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Customer Relations (Studi Kasus pada Manajemen Mutu Contact Center Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - Kantor Pusat Tahun 2018)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Manajemen Mutu Contact Center yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) selama periode Tahun 2018. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena Contact Center Bravo Bea Cukai belakangan ini sering mendapat penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional walaupun baru berdiri sekitar tiga tahun. Penelitian ini menggunakan strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Anwar Arifin. Yang menyebutkan bahwa ada 4 rumusan strategi komunikasi, yaitu : mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan yang terakhir seleksi dan penetapan media. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode Studi Kasus untuk menjawab pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi manajemen mutu contact center dimulai dari penentuan khalayak yaitu direct, indirect dan general, lalu penyusunan pesan dalam peninjauan ulang kebijakan selama sebulan sekali dan paling minimal setahun sekali. DJBC menggunakan metode redundancy, infomatif dan persuasif dalam menyampaikan pesan kepada komunikannya. Hingga pemilihan media komunikasi dari rapat, apel/upacara hingga media sosial dan tentunya telepon sebagai media teknologi informasi khusus untuk contact center. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Contact Center, Manajemen Mutu, Customer Relations ABSTRACT The research was conducted with a view to described on the communications strategy quality management contact center conducted by the directorate general of customs and excise (DJBC) 2018 over a period of years. The background to this research as contact center bravo customs is often honored in both at the national and international even though just standing about three years. This research using the communications strategy presented by Anwar Arifin. Which states that there is some formula, Four communications strategy namely: knowing the audience, draw up a message, designating a method and the last selection, the determination of the media. The research is the qualitative study using a case study to answer “how” and “why” about the research. Data collection techniques used are interview, observation the literature study, and the internet searching. The research results show that, the communications strategy quality management contact center started from the determination of the people that is direct, indirect and general, then the preparation of the message in the review from a policy for once a month and most of at least once a year. DJBC Using a method of redundancy, infomatif and persuasive in conveying a message to communicant. Then the election of a meeting of medium of communication, ceremony until social media and of course the telephone as media information technology specifically to contact center. Key Words : Strategi Komunikasi, Contact Center, Manajemen Mutu, Customer Relations