IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT CACAT PADA PRODUK PLAIN CAN 603 X 408 PADA LINE SMAG 1 DEPARTEMEN ASSEMBLY
ctrlnum |
55212 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT CACAT PADA PRODUK PLAIN CAN 603 X 408 PADA LINE SMAG 1 DEPARTEMEN ASSEMBLY</title><creator>ARLIANSYAH, IRFAN</creator><subject>339.3 National Product/Produk Nasional</subject><subject>680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu</subject><subject>680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu</subject><subject>739.48 Products/Produk</subject><description>Perkembangan dunia industri akan selalu terdapat persaingan. Kepuasan konsumen menjadi faktor utama yang mampu menentukan kemenangan dalam persaingan di dunia industri. Kepuasan konsumen dapat diraih salah satunya dengan menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Hal inilah yang mendasari untuk terus melakukan perbaikan kualitas. Penelitian ini difokuskan pada penurunan tingkat reject yang terdapat pada proses produksi Plain Can Ø603X408 dengan metode Quality Control Circle (QCC). Metode Quality Control Circle (QCC) ini disusun berdasarkan sebuah metodologi penyelesaian masalah ddengan pendekatan siklus PDCA, yaitu: Plan (rencana perbaikan), Do (melaksanakan), Check (memeriksa), Action (melakukan perbaikan) yang menggabungkan bermacam – macam perangkat statistik serta pendekatan perbaikan proses yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Oss bubble, voide/empty sebagai jumlah reject terbesar yaitu sebanyak 20.818 pcs atau 38,62% dari total reject keseluruhan. Dari analisa Fishbone Diagram didapat penyebab dari Oss bubble, voide/empty yaitu: faktor viscositas OSS yang tidak stabil cara setting roll OSS yang tidak sesuai standar, suhu pemanasan OSS yang tidak stabil. 
Kata kunci : QCC (Quality Circle Control), Fishbone Diagram, PDCA (Plan-Do-CheckAction)

Industrial’s world development will always have competition. Consumer satisfaction is the main factor that can determine the victory in industrial’s world competition. One of the ways to achieve customer satisfaction is by maintaining the quality of the products produced. This is what the base to continue to improve quality. This research is focused on reducing the reject rate in the production process of Plain Can Ø603</description><date>2020-03-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/2/4.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/3/2.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/4/3.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/7/7.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/8/8.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/9/9.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/10/10.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/11/11.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/12/12.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/13/13.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/14/14.%20BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.mercubuana.ac.id/55212/15/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ARLIANSYAH, IRFAN (2020) IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT CACAT PADA PRODUK PLAIN CAN 603 X 408 PADA LINE SMAG 1 DEPARTEMEN ASSEMBLY. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. </identifier><recordID>55212</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ARLIANSYAH, IRFAN |
title |
IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT CACAT PADA PRODUK PLAIN CAN 603 X 408 PADA LINE SMAG 1 DEPARTEMEN ASSEMBLY |
publishDate |
2020 |
topic |
339.3 National Product Produk Nasional 680 Manufacture For Specific Uses Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu 739.48 Products Produk |
url |
http://repository.mercubuana.ac.id/55212/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/2/4.%20ABSTRAK.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/3/2.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/4/3.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/5/5.%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/6/6.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/7/7.%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/8/8.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/9/9.%20BAB%201.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/10/10.%20BAB%202.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/11/11.%20BAB%203.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/12/12.%20BAB%204.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/13/13.%20BAB%205.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/14/14.%20BAB%206.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/15/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.mercubuana.ac.id/55212/ |
contents |
Perkembangan dunia industri akan selalu terdapat persaingan. Kepuasan konsumen menjadi faktor utama yang mampu menentukan kemenangan dalam persaingan di dunia industri. Kepuasan konsumen dapat diraih salah satunya dengan menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Hal inilah yang mendasari untuk terus melakukan perbaikan kualitas. Penelitian ini difokuskan pada penurunan tingkat reject yang terdapat pada proses produksi Plain Can Ø603X408 dengan metode Quality Control Circle (QCC). Metode Quality Control Circle (QCC) ini disusun berdasarkan sebuah metodologi penyelesaian masalah ddengan pendekatan siklus PDCA, yaitu: Plan (rencana perbaikan), Do (melaksanakan), Check (memeriksa), Action (melakukan perbaikan) yang menggabungkan bermacam – macam perangkat statistik serta pendekatan perbaikan proses yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Oss bubble, voide/empty sebagai jumlah reject terbesar yaitu sebanyak 20.818 pcs atau 38,62% dari total reject keseluruhan. Dari analisa Fishbone Diagram didapat penyebab dari Oss bubble, voide/empty yaitu: faktor viscositas OSS yang tidak stabil cara setting roll OSS yang tidak sesuai standar, suhu pemanasan OSS yang tidak stabil.
Kata kunci : QCC (Quality Circle Control), Fishbone Diagram, PDCA (Plan-Do-CheckAction)
Industrial’s world development will always have competition. Consumer satisfaction is the main factor that can determine the victory in industrial’s world competition. One of the ways to achieve customer satisfaction is by maintaining the quality of the products produced. This is what the base to continue to improve quality. This research is focused on reducing the reject rate in the production process of Plain Can Ø603 |
id |
IOS5909.55212 |
institution |
Universitas Mercu Buana |
institution_id |
134 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mercu Buana |
library_id |
542 |
collection |
Repository Universitas Mercu Buana |
repository_id |
5909 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Communication/Komunikasi Engineering/Ilmu Teknik Measurement/Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
city |
Jakarta Barat |
province |
DKI JAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5909 |
first_indexed |
2020-03-26T23:19:40Z |
last_indexed |
2020-03-26T23:19:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685794933834776576 |
score |
17.538404 |